Pemerintah Desa Mekar Sari Panen Perdana Budidaya Kentang

Pemerintah Desa Mekar Sari Panen Perdana Budidaya Kentang

Kepahiang,Berita Nusantara.Com Berdasarkan Peraturan Permendes Nomor 7 Tahun 2021 tentang prioritas penggunaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2022, Pemerintah Desa wajib mengalokasikan Anggaran Ketahanan Pangan Sebesar 20 % dari total pagu anggaran yang diterima oleh Desa. 

Dalam rangka menindaklanjuti hal tersebut Pemerintah Desa Mekar Sari telah menganggarkan 20 % untuk kegiatan ketahanan pangan dalam APBDes Tahun Anggaran 2022.

Hal tersebut di sampaikan oleh Sekdes mekar Nopriadi kepada awak media Berita Nusantara.Com pada hari Selasa,(20/12/2022 ) di balai desa mekar sari.

Nopriadi lebih lanjut mengatakan untuk merealisasikan program Ketahanan pangan salah satunya pemerintah desa mekar sari telah melaksanakan budidaya kentang Granola dengan bibit sebanyak 1,5 Ton dan dengan Luas lahan yang digunakan 1,2 Hektar.

“Alhamdulillah pada hari Jum’at tanggal 9 Desember 2022 yang lalu, Pemerintah Desa bersama Camat Kabawetan,Mantri Tani (PPL),TA,PD,Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa dan Masyarakat Petani Kentang melakukan Panen Perdana,Jelas Sekdes.

“Adapun hasil dari Panen Perdana Budidaya Kentang Granola tersebut mencapai 13,3 Ton,namun dari hasil tersebut belum maksimal, walaupun hasilnya belum maksimal pemerintah desa sangat bersyukur dapat panen raya sehingga masyarakat dapat menikmati hasil dari budidaya kentang tersebut,ujar sekdes”.

Lebih lanjut Sekdes menjelaskan kedepan budidaya kentang ini perlu ditingkatkan lagi sehingga hasilnya lebih maksimal dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat agar terciptanya masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera, tutup Sekdes.