Pemdes Sidorejo gelar Pelatihan Batik ECO Print

Pemdes Sidorejo gelar Pelatihan Batik ECO Print

Kepahiang,Berita Nusantara.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sidorejo Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang Melakukan Pelatihan Batik ECO Print bagi Ibu-ibu PKK,Rabu (13/12/2023) dibalai desa Sidorejo.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat,Polsek, pendamping desa,BPD,Ketua PKK serta perangkat desa.

Dalam sambutannya Kades Kasih mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah desa hari ini ialah melakukan pelatihan membatik ECO Print  bagi ibu-ibu PKK.

“Adapun tujuan dari pelatihan membatik ini adalah untuk meningkatkan ekonomi kreatif serta  dapat menciptakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang melibatkan kaum perempuan dan ibu-ibu PKK”,ujar kades.

lebih lanjut kades menjelaskan,Batik ECO Print adalah suatu jenis batik yang pembuatannya memanfaatkan pewarna alami dari tanaman atau zat pewarna daun,akar atau batang yang diletakkan pada sehelai kain, kemudian kain direbus.

Agar memahami bagaimana cara membatik ECO Print yang benar dan baik pemerintah desa menghadirkan narasumber yang memang ahli di bidangnya.

Oleh sebab itu saya berharap kepada ibu-ibu PKK agar serius mengikuti pelatihan, sehingga ilmu yang didapat nanti dapat diterapkan di masyarakat.

Sehingga kedepan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran di desa Sidorejo terutama bagi kaum perempuan atau ibu-ibu,tutup kades.