DPC PERADI BENGKULU, Gelar Pendidikan Calon Advokat

DPC PERADI BENGKULU, Gelar Pendidikan Calon Advokat

Bengkulu, Berita Nusantara.Com            Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Bengkulu menyelenggarakan pendidikan khusus profesi advokat (PKPA).

Pembukaan PKPA digelar secara daring pada Jum’at 02/07/2021 dan dibuka langsung oleh ketua Umum DPN PERADI Prof. Dr. Otto HasibuanS.H.,M.S.,M.M.

Beliau menyebutkan dalam pelaksanaan PKPA DPN PERADI memang melakukan kerjasama pada beberapa perguruaan tinggi baik negeri maupun swasta, dalam hal ini Ketua Umum DPN PERADI mengatakan pentingnya calon Advokat mengikuti Pendidikan Profesi Advokat, hal ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme profesi Advokat.

Disamping itu, UMB sebagai mitra PKPA diwakili Dekan FH UMB Dr Hasmi Suyuthi menyambut baik kerjasama ini untuk kontribusi peningkatan kwalitas calon advokat dari alumni berbagi perguruan tinggi.

Pelaksanaan PKPA yang diikuti oleh 26 Peserta ini akan digelar selama 6 hari dalam 2 minggu kedepan, dengan materi pertama bertema tentang Fungsi dan Peran Organisasi Advokat. Materi perdana tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum DPN Peradi H. Shalih Mangara Sitompul.

Di menjelaskan tentang apa fungsi dan peran organisasi advokat yang diawali dengan sejarah berdirinya organisasi advokat di Indonesia. Shalih menjelaskan sebelum terbit UU No.18 Tahun 2003 tentang Advokat, awalnya pengangkatan advokat dilakukan oleh pemerintah melalui Departemen Kehakiman. Tak lama kemudian, muncul perdebatan di kalangan advokat dan diusulkan agar pengangkatan itu tidak dilakukan oleh pemerintah. Lalu, usulan tersebut masuk dalam RUU Advokat yang dibahas di DPR pada tahun 2000.

Salah satu syarat untuk diangkat menjadi advokat yakni lulusan fakultas hukum/syariah yang telah mengikuti PKPA yang dilaksanakan organisasi advokat.

Pada pelaksanaan PKPA kali ini DPC PERADI Bengkulu yang diketuai oleh Edy Sugiarto, S.H.,M.H melakukan koordinasi kepada Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Bengkulu untuk pelaksanaan kegiatan secara prokes yg ketat. DPC/ Dewan Pimpinan Cabang PERADI Bengkulu bertugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan PKPA seperti yang telah beberapa kali dilakukan sebelumnya. Hadir juga pada saat pembukaan yaitu Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) Peradi Bengkulu Made Sukiade, SH.(Sapli )