Sekda Kepahiang Kunjungi Kantor Baznas untuk Memberikan Dukungan Langkah Kedepan

Sekda Kepahiang Kunjungi Kantor Baznas untuk Memberikan Dukungan Langkah Kedepan

Kepahiang,Berita Nusantara.Com – Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kepahiang adalah lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara resmi dengan dilindungi Undang-Undang. Pemerintah Kabupaten Kepahiang dalam hal ini mengsupport penuh kinerja jajaran Baznas Kepahiang. Dukungan penuh itu ditunjukan sekda dengan mengunjungi langsung kantor Baznas Kepahiang di Jalan Abu Hanifah RT 04 RW 01 (samping Mall Puncak Kepahiang, Jum’at (29/09/23).

Kedatangan Hartono didampingi Asisten I Husni Thamrin disambut langsung oleh Ketua Baznas Kepahiang, H Rusmedidan Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Zakat, Infaq, Shadaqah Baznas Kepahiang Nyimas Aliah.

“Pemkab Kepahiang sangat mendukung penuh jajaran Baznas, terutama dalam menentukan langkah-langkah kinerja agar target yang ditetapkan dapat tercapai,” tegas Sekda Kepahiang Hartono.

Selanjutnya, Hartono mengatakan Pemkab Kepahiang dan Baznas Kepahiang akan selalu berkoborasi secara baik. Sehingga target capaian kinerja yang sudah ditetapkan Baznas Pusat untuk Baznas Kepahiang ditahun 2023 bisa tercapai dengan baik.

“Kolaborasi itu terus dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Pemkab Kepahiang selalu mengsupport Baznas secara penuh baik disisi membantu sarana prasarana maupun bidang lainnya,” tutur Hartono.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Kepahiang, Rusmedi melalui Wakil Ketua 1 Nyimas Aliah sangat mengapresiasi kehadiran pertamakalinya Sekda dan Asisten I mengunjungi Baznas, semenjak kepemimpinan Baznas Periode Tahun 2022 – 2027.

“Selain untuk silaturahim juga untuk mengetahui secara lebih dekat potensi sumberdaya, peluang serta hambatan yang ada di Baznas Kabupaten Kepahiang,” ungkap Nyimas Aliah.

Dalam pertemuan singkat tersebut, Sekda dan pengurus Baznas sempat menggelar diskusi mengenai rata-rata per bulan pendapatan ZIS (Zakat, Infaq, Shadaqah) serta membahas masih banyak potensi yang belum tergarap.

Nyimas Aliah, menjelaskan jumlah pendapatan ZIS yang terkumpul pada Triwulan I, Januari sampai Maret 2023 sebesar Rp. 116.212.328, meningkat sebesar 53 % pada Triwulan ke II (April – Juni 2023), sebesar Rp. 219.576. 484 (termasuk hibah tahap I untuk operasional), jadi rata-rata pengumpulan setiap bulan antara Rp. 25 juta – 30 Juta. Namun jika dilihat dari yang mengajukan permohonan bantuan setiap bulan jumlah tsb masih belum memadai.

Lebih lanjut ungkap Nyimas AliahOleh, berdasarkan hasil Rakorda Baznas se Provinsi Bengkulu pada tanggal 19 – 21 September 2022 yang lalu, telah ditetapkan oleh Baznas Pusat untuk target capaian pengumpulan Baznas Kab. Kepahiang tahun 2023 sebesar Rp. 3 Milyar.

Untuk mencapai target tsb tentu bukanlah hal yang mudah bagi Baznas Kab. Kepahiang, persoalan internal dan eksternal yang dihadapi masih cukup banyak. Alhamdulillah Bapak Sekda dan Asisten I Support untuk mengejar capaian target tsb. Beberapa arahan yang disampaikan oleh beliau bahwa kondisi Kab. Kepahiang yang perlu juga dipahami oleh Baznas, terutama masalah pengentasan kemiskinan ekstrem dan penurunan angka stunting.

“Pemda harus bergandeng tangan dengan program Baznas yang kolaboratif, inovatif dan adaptif, hal ini disampaikan oleh Ketua Baznas Kab. Kepahiang, bahwa program kolaborasi melalui Kepahiang CTSMP, yaitu Kepahiang Cerdas, Kepahiang Taqwa, Kepahiang Makmur, Kepahiang Sehat, Kepahiang Peduli,” tutup Nyimas Aliah.