Desa Air Latak Menyala

Desa Air Latak Menyala

Seluma,Berita Nusantara.Com Dalam Mewujudkan Desa Terang, Pemerintah Desa Air Latak Membuat Lampu Jalan Tenaga Surya yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

Kades Air Latak Syamsuardi, saat di temui di balai desa pada hari Selasa 10/08/2021, Mengatakan,di  Pencairan Dana Desa (DD) 40 % Tahap Pertama, Pemerintah Desa Membuat Lampu Jalan Tenaga Surya Sebanyak 6 Unit.Adapun Maksud dan tujuannya adalah untuk membuat Desa Air Latak Terang benderang.

Dikarenakan Sering nya Pemadaman Lampu Oleh PLN di Malam Hari dan Menyebabkan Desa menjadi gelap gulita,maka kami selaku pemerintah desa bersama masyarakat sepakat di tahun ini membangun lampu jalan tenaga Surya.

Adapun titik pemasangan lampu jalan adalah di tempat yang sepi dan banyak tikungan,dengan tujuan untuk menghindari kecelakaan dan perbuatan kejahatan.

“Selain itu juga di tempat -tempat fasilitas umum Seperti di depan masjid dan Balai Desa,tutur kades.

“Lebih lanjut Syamsuardi menjelaskan, sebelum pembuatan lampu jalan tenaga Surya Pemerintah desa telah dulu membuat lampu jalan ke rumah-rumah warga,itu semua dilakukan untuk mewujudkan desa yang terang benderang dan dapat di lihat indah pada malam hari “,tutur kades.

Selain menghadapi kerapnya pemadaman listrik oleh PLN,desa air latak juga mengalami sumber air bersih,oleh sebab itu pemerintah desa juga membuat sumur bor di 5 titik.

Dengan adanya pembuatan sumur bor ini, masyarakat nantinya dapat menggunakan sambungan pipa-pipa kerumah warga dan listrik nya nanti di tanggung oleh masyarakat,pemerintah desa hanya menyipakan sarana dan prasarana nya saja dan selanjutnya untuk masalah perawatan dan perbaikan itu kita kembalikan kepada masyarakat.

“Saya Selaku pemerintah berharap kepada masyarakat air latak dengan adanya pembuatan lampu jalan tenaga Surya maupun lampu jalan yang di salurkan ke rumah-rumah warga dan pembuatan sumur bor ini,agar masyarakat dapat merawat dan menjaga  apa yang sudah di buat  pemerintah desa supaya  biar tahan lama ,”Tutup kades.