Dinas Perpustakaan Propinsi Bengkulu Terdapat Ruang Baca Ramah Anak

Dinas Perpustakaan Propinsi Bengkulu Terdapat Ruang Baca Ramah Anak

Bengkulu,Berita Nusantara.Com – Bukan hanya menyediakan buku dan tempat baca, Perpustakaan Provinsi Bengkulu juga memiliki ruang layanan anak yang luas dan nyaman.

Masyarakat, sekolah, kelompok belajar bisa memanfaatkan fasilitas yang dimiliki Perpustakaan.

Lokasinya berada di Jalan Mahoni Nomor 12, Kelurahan Padang Jati, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, yang terbuka untuk umum.

Kepala DPK Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M. Pd, mengatakan, keberadaan Perpustakaan Daerah ini terbuka untuk umum. Namun jika ingin meminjam buku wajib memiliki kartu keanggotaan.

Perpustakaan merupakan sumber utama pendidikan. Jika perpustakaan berfungsi dengan baik, maka indeks literasi bangsa dipastikan baik juga.

Namun, beberapa masyarakat masih menilai bahwa fungsi perpustakaan bersifat kaku.

Contohnya, perpustakaan hanya sebagai tempat menyimpan koleksi referensi untuk bahan tugas sekolah, bahan penelitian dan segala sesuatu yang berat-berat.

Sekarang paradigma tentang perpustakaan terus berubah. Perpustakaan tidak lagi dianggap sebagai tempat yang horor. Seorang pustakawan harus aktif, kreatif dan inovatif agar pengunjung betah di perpustakaan. Gedung-gedung perpustakaan di desain menarik dan rekreatif, sehingga pemustaka merasa nyaman karena sejatinya perpustakaan digunakan sebagai refleksi diri, tempat rekreasi atas kepenatan-kepenatan pekerjaan, tugas sekolah atau tugas kuliah.

Layanan anak sebagai kelompok layanan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu memberikan layanan rekreatif bagi masyarakat, selain menyediakan koleksi yang dapat dibaca.

1. Ruang Baca Anak Yang Nyaman

Layanan anak Perpustakaan Provinsi Bengkulu juga bisa digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga. Apa saja yang bisa didapatkan di sana? Berikut beberapa fasilitas yang ada di layanan anak Perpustakaan Provinsi Bengkulu

Layanan anak mempunyai ruang baca yang luas dan nyaman bagi anak-anak dan keluarga. Selain itu, dilengkapi dengan koleksi buku yang beragam. Seperti komik, cerita rakyat, buku pelajaran dan lain-lain. Selain tempat yang nyaman dan menghibur untuk anak-anak, ruang layanan anak ini juga dapat menumbukan minat baca anak sedari dini.

2. Story Telling

Anak-anak yang datang ke perpustakaan akan disambut oleh pustakawan untuk diajak belajar bersama melalui story telling. Story telling akan membantu anak untuk proses mengenal buku, meningkatkan kreativitas anak, menambah kosakata dan menambah ilmu baru dari cerita yang disampaikan.

3. Peminjaman Buku

Selain membaca koleksi buku di tempat, pemustaka juga dapat meminjam buku untuk dibawa pulang. Syaratnya adalah sudah mempunyai kartu anggota. Bagi pemustaka yang ingin pinjam batas waktu untuk peminjaman selama 2 minggu dan maksimal buku yang dipinjam 2 buku. Namun, jika melakukan pelanggaran seperti telat mengembalikan atau merusak koleksi, maka akan diberi sanksi dengan tidak bisa meminjam buku sesuai dengan keterlambatan pengembalian buku.