Pemdes Pekalongan Salurkan BLT Kepada 24 KPM

Pemdes Pekalongan Salurkan BLT Kepada 24 KPM

Kepahiang, Berita Nusantara.Com – Usai Lebaran Idul Fitri 1444 H Pemerintah Desa (Pemdes) Pekalongan Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang salurkan bantuan langsung tunai (BLT-DD) TA 2023.

Setelah melalui musyawarah Desa validasi, finalisasi pada (22/2/23) sebanyak 24 KPM bantuan langsung tunai hari ini disalurkan secara tunai Selasa (2/5/23).

Kepala desa Saripah Ainun menyampaikan, penyaluran bantuan langsung tunai dana desa ini, merupakan upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem akibat dampak Covid-19.

“Sebanyak 24 KPM hari ini menerima bantuan langsung tunai dana desa sebesar Rp 900.000 per KPM yang dibagikan secara tunai di kantor desa,” Ujar Kepala Desa yang ramah dan mudah tersenyum ini.

Ainun menambahkan 24 KPM ini penerima bantuan langsung tunai ini sudah melalui proses penjaringan validasi dan finalisasi. Sehingga dinyatakan layak sebagai penerima bantuan langsung tunai berdasarkan kriteria yang ditentukan. Adapun kriteria yang ditentukan yakni, Keluarga yang berdomisili di desa terutama keluarga miskin ekstrem, keluarga yang terdapat anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis, keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal atau lansia, keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.

Acara berlangsung di kantor desa yang dihadiri oleh kepala desa Saripah Ainun, BPD, pendamping desa, pendamping kecamatan, bhabinkamtibmas, babinsa camat ujan mas, tokoh agama serta masyarakat penerima bantuan langsung tunai.