Prestasi SMA N 1 Kota Bengkulu Mendunia

Prestasi SMA N 1 Kota Bengkulu Mendunia

 

BENGKULU,Berita Nusantara.Com– Tim riset SMA Negeri 1 Kota Bengkulu berhasil meraih medali emas di ajang World Invention Competition & Exhibition (WICE) 2023. Ini capaian yang sangat luar biasa dan membanggakan bagi dunia pendidikan Provinsi Bengkulu. Prestasi tingkat internasional bukan kali ini saja diraih SMA Negeri 1 Kota Bengkulu, sebab pada Januari 2023 tim KTI SMA N 1 juga berhasil menjadi juara.

Berikut rincian prestasi yang baru didapat di ajang Wice 2023 di Selangor Malaysia. :

1. Gold medali tim kadafi dkk bidang sosial

2. Gold medali tim berta dkk bidang environment

3. Best presentation tim kadafi dkk

4. Spesial MIICA (organisasi sains Malaysia) award utk tim berta dkk

5. Semi grant award utk tim berta dkk

Adapun dua judul karya tulis yang berhasil meraih medali emas sebagai berikut:

– Identification of antioxidant content in Moringa Oleifera leaves and utilization of them as healthy and economical ice cream for the community

– Manufacture of nanoparticles from baccaurea raccemosa fruits and utilization of them as mercury indicator in enviroment and cosmetics

“Alhamdulilah ini capaian yang sangat luar biasa, kami mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah provinsi Bengkulu, Dikbud provinsi dan segala pihak yang ikut mendoakan. Sehingga siswa kami berhasil menjalani proses ini dan berhasil meraih dua medali emas dan tiga penghargaan lain” ujar Evi Yunita S. Kom dari Malaysia Selangor l

Adapun pihak sekolah yang mendampingi adalah H. Rustoyono, M.Pd selaku kepsek SMA N 1 kota Bengkulu. Kemudian Dr. Syalendra, M.Pd, LainaTusifah, M.pd, Dita adinda, S.Pd, Drs. Sumarno, Evi Yunita, S.Kom. dan Silvia Firdaus, M.Pd.Si.

Ajang yang diselenggarakan Malaysia Innovation Invention Creativity Asociation (MIICA) bekerja sama dengan MAHSA University (Malaysian Allied Health Sciences Academy) ini berlangsung pada 21-26 September 2023 di Mahsa University Malaysia.

Tim SMA Negeri 1 Kota Bengkulu mampu bersaing dengan 20 Negara dan 400an tim. Dan berhasil dapat 2 medali emas.

Sebelumnya, pada Januari 2023 Tim Karya Tulis Ilmiah (KTI) SMA Negeri 1 Kota Bengkulu dibimbing guru hebatnya yaitu Dr. Syalendra Putra, M.Pd juga meraih medali emas tingkat internasional.

Saat itu, dilaksanakn di IPB Unuversity, dan Ada beberapa kategori yang menjadi penilaian Juri dalam ajang ini diantaranya kategori Social Science, Technology Science dan Environmental Science. Judul Karya Tulis Ilmiah tim SMAN 1 Kota Bengkulu yaitu “Identification Of Flavonoid Content in Wild Native Plant Around SMA 1 Bengkulu City an Utilization of Them as Potential Anticancer Sweet”. Tanaman anti kanker ini merupakan rumputan liar yang mereka dapatkan disekitar SMAN 1 yaitu Rumput Teki, Mutiara dan Ketepeng.Tim KTI SMAN 1 juga merasa senang karena produk mereka sudah dikenal dunia karena dalam ajang ini ada 16 negara ikut berkompetisi.