SMA N 5 Kota Bengkulu Menggelar Pelatihan Public Speaking dan Teknik Keprotokolan bagi Pengurus OSIS SMA/SMK Kota Bengkulu

SMA N 5 Kota Bengkulu Menggelar Pelatihan Public Speaking dan Teknik Keprotokolan bagi Pengurus OSIS SMA/SMK Kota Bengkulu

Bengkulu,Berita Nusantara.ComSMA N 5 Kota Bengkulu Menggelar Pelatihan Public Speaking dan Teknik Keprotokolan bersama Indonesian Professional Speakers Association (IPSA) Bengkulu bagi para pelajar Bengkulu, khususnya pengurus OSIS SMA/SMK Se-Kota Bengkulu yang dipusatkan di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Selasa (24/10).

Kepala SMA N 5 Kota Bengkulu Eka Saputra,M.Pd dalam Sambutannya Mengatakan,Terima Kasih atas Kehadiran bapak Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di SMA N 5 Kota Bengkulu dalam rangka membuka acara Pelatihan Public Speaking bagi siswa khususnya Pengurus OSIS SMA dan SMK Se-Kota Bengkulu.

Pelatihan Public Speaking ini dapat dilaksanakan atas dukungan dari semua pihak terutama dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Bengkulu, oleh sebab itu kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama untuk mensukseskan kegiatan ini,ujar Eka Saputra.

“Mudah-mudahan kegiatan pelatihan Public Speaking¬† ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa dan siswi dalam Ilmu Komunikasi sehingga dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari maupun dunia kerja nantinya,tutup Eka Saputra”.

Dalam Sambutannya Gubernur Rohidin Mengatakan, hal ini sangat strategis dalam dunia pendidikan Bengkulu, bagaimana membuka wawasan dan cakrawala para pelajar dengan kemampuan public speaking yang bagus, apalagi sekarang dengan penerapan kurikulum merdeka belajar.

“Jadi anak-anak tidak hanya disuguhi pelajaran di ruang kelas, tapi dengan praktik langsung di lapangan apalagi dengan narasumber yang berasal dari kelompok professional, IPSA Bengkulu,” jelas Gubernur Bengkulu lulusan terbaik UGM dan IPB ini.

Lanjut Gubernur Rohidin, apalagi di tengah kemajuan teknologi dan dunia digital saat ini, kemampuan public speaking sangat menjajikan bagi dunia industri kreatif yang saat ini mulai banyak digeluti anak muda. Sehingga pelajar Bengkulu juga punya bekal ke depan untuk lebih kreatif dengan memanfaatkan kemampuan public speaking tersebut.

“Saya kira hal ini tepat dilakukan, karena banyak sekali industri kreatif yang membutuhkan kemampuan public speaking ini, seperti dalam dunia broadcast, stand up comedy dan lainnya. Semangat bagi para peserta,” pungkasnya.

Sementara dijelaskan Ketua Umum DPD IPSA Provinsi Bengkulu Lisa Adhrianti, IPSA merupakan organisasi profesi pembicara profesional di Indonesia. Saat ini organisasi IPSA telah berkembang di seluruh Nusantara, termasuk Provinsi Bengkulu. Sehingga IPSA Bengkulu diharapkan menjadi salah satu rumah serta wadah bagi para pembicara publik untuk meningkatkan kualitas diri menjadi pembicara yang profesional.

“Kehadiran DPD IPSA Bengkulu ini untuk menyaring para pembicara publik yang ada di Bengkulu. Di mana kali ini kita bekerja sama dengan Diknas Provinsi Bengkulu, memberikan materi kepada para pelajar Kota Bengkulu. Kami juga ucapkan terima kasih kepada Pak Rohidin selaku Gubernur Bengkulu yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini,” ungkapnya.

Lanjut Lisa Adhrianti, tidak hanya bagi pelajar di Kota Bengkulu, Pelatihan Public Speaking dan Teknik Keprotokolan bersama IPSA Bengkulu juga akan digelar di 9 kabupaten.